www.ninonurmadi.com

Zakat Dan Sedekah Langsung ke konten utama

Zakat Dan Sedekah

Penerbit
Germa Insani
1100
Hadits Terpilih
Sinar Ajaran Muhammad
Dr. Muhammad Faiz Almath
Di Publikasi Ulang :
Oleh Nino Nurmadi , S.Kom
www.ninonurmadi.com

Sabda Dan Perilaku Rasulullah Saw. Adalah Pedoman kita Di Samping Al-Quran.Beratus Ribu Sabdanya Terkumpul Dalam Banyak Kitab Hadits, Baik Shahih Maupun Lemah. Namun , Kini Anda Tidak Perlu Sibuk Mencari Kitab-Kitab Tersebut. Kali ini Sengaja Kami Suguhkan Kepada Anda 1100 Hadits Terpilih Yang Sudah Benar-Benar Tersaring. Semua Riwayat Yang Tercangkup Di Dalamnya Mewakili Semua Ajaran Rasulullah Dalam Segala Aspek Kehidupan. Kandungan Buku ini Di Maksudkan Penulisnya Sebagai Sinar Yang Menerangi Umat Dan Sebagai Bukti Akan Ajaran Muhammad Saw.



1. " Bersedekah pahalanya sepuluh, memberi utang ( tanpa bunga ) pahalanya delapan belas, menghubungkan diri dengan kawan-kawan pahalanya dua puluh dan silaturrahmi ( dengan keluarga ) pahalanya dua puluh empat." ( HR AL-HAKIM )

2. " Yang dapat menolak takdir ialah doa dan yang memperpanjang umur yakni kebajikan ( amal bakti ) . " ( HR ATH-THAHAWI )

3. " Apabila anak Adam wafat putuslah amalnya kecuali tiga hal yaitu sedekah jariyah, pengajaran dan penyebaran ilmu yang dimanfaatkannya untuk orang lain, dan anak ( baik laki-laki maupun perempuan ) yang mendoakannya ( orang tua ) . " ( HR MUSLIM )

4. " Allah Tabaraka wa ta'ala berfirman ( di dalam hadits Qudsi ), " Hai anak Adam, Infaklah ( nafkahkanlah hartanu) , niscaya Aku memberikan nafkah kepadamu." ( HR MUSLIM )

5. " Orang yang mengusahakan bantuan ( pertolongan ) bagi janda dan orang miskin ibarat berjihad di jalan Allah dan ibarat orang shalat malamm Ia tidak merasa lelah dan ia juga ibarat orang berpuasa yang tidak pernah berbuka." ( HR BUKHARI )

6. Seorang sahabat bertanya kepada Rasulullah saw., " sedekah yang bagaimana yang paling besar pahalanya?" Nabi saw. menjawab, " Saat Kamu bersedekah hendaklah kamu sehat dan dalam kondisi pelit ( mengekang ) dan saat kamu takut melarat tetapi mengharap kaya. Jangan ditunda sehingga rohmu di tenggorokan baru berkata untuk Fulan sekian dan untuk Fulan sekian." ( HR BUKHARI )

7. " Barangsiapa ingin doanya terkabul dan dibebaskan dari kesulitannya hendaklah dia mengatasi ( menyelesaikan ) kesulitan orang lain." ( HR AHMAD )

8. " Jauhkan dirinu dari api neraka walaupun hanya dengan ( sedekah ) sebutir kurma." ( HR MUTAFAQ'ALAIH )

9. " Turunkanlah ( datangkanlah ) rezekimu ( dari Allah ) dengan mengeluarkan sedekah ." ( HR AL-BAIHAQI )

10. " Bentengilah hartanu dengan zakat, obati orang-orang sakit ( dari kalanganmu ) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana." ( HR ATH-THABRANI )

11. " Tiada seorang bersedekah dengan baik kecuali Allah memelihara kelangsungan warisannya." ( HR AHMAD )

12. " Naungan bagi seorang Mukmin pada hari kiamat adalah sedekahnya." ( HR AHMAD )

13. " Tiap Muslim wajib bersedekah. Para sahabat bertanya, " Bagaimana kalau dia tidak memiliki sesuatu?" Nabi saw. menjawab , " Bekerja dengan keteampilan tangannya untuk kemanfaatan bagi dirinya lalu bersedekah." Mereka bertanya lagi. Bagaimana kalau dia tidak mampu?" Nabi menjawab: " menolong orang yang membutuhkan yang sedang teraniaya" Mereka bertanya: " Bagaimana kalau dia tidak melakukannya?" Nabi menjawab : " Menyuruh berbuat ma'ruf ." Mereka bertanya : " Bagaimana kalau dia tidak melakukannya ?" Nabi saw . menjawab, " mencegah diri dari berbuat kejahatan itulah sedekah." ( HR BUKHARI & MUSLIM )

14. " Apa yang kamu nafkahkah dengan tujuan keridhaan Allah akan diberi pahala walaupun hanya sesuap makana ke mulut istrimu." ( HR BUKHARI )

15. " Sedekah paling afdhol ialah yang diberikan kepada keluarga dekat yang bersikap memusuhi." ( HR ATH-THABRANI dan ABU DAWUD )

16. " Satu dirham memacu dan mendahului seratus ribu dirham. Para sahabat bertanya, " Bagaimana itu?" Nabi saw. menjawab ," Seorang memiliki ( hanya ) dua dirham . Dia mengambil satu dirham dan bersedekah dengannya, dan seorang lagi memiliki harta-benda yang banyak, dia mengambil seratus ribu dirham untuk disedekahkannya." ( HR AN-NASAA'I )

17. " Orang yang membatalkan pemberian ( atau meminta kembali ) sedekahnya seperti anjing yang makan kembali muntahannya." ( HR BUKHARI )

18. Barangsiapa diberi Allah harta dan tidak menunaikan zakatnya kelak pada hari Kiamat dia akan dibayang-bayangi dengan seekor ular bermata satu di tengah dan punya dua lidah yang melilitnya. Ukar itu mencengkeram kedua rahangnya seraya berkata, " Aku hartamu , aku pusaka simpananmu." Kemudian nabi saw. membaca firman Allah surah Ali Imran ayat 180: " Dan jangan sekali-kali orang-orang yang kikir dengan apa yang diberikan Allah kepada mereka dari karunia-Nya , mengira bahwa ( kikir ) itu baik bagi mereka, padahal ( kikir ) itu buruk bagi mereka. Apa ( harta ) yang mereka kikirkan itu akan dikalungkan ( dilehernya ) pada hari kiamat. Milik Allah-lah warisan ( apa yang ada ) di langit dan di bumi . " ( HR BUKHARI )


19. " Tiada suatu kaum menolak mengeluarkan zakat melainkan Allah menimpa mereka dengan paceklik ( kemarau panjang dan kegagalan panen ) . " (  HR ATH-THABRANI )

20. " Barangsiapa memperoleh keuntungan harta ( maka ) tidak wajib zakat sampai tibanya perputaran tahun bagi pemiliknya." ( HR AHMAD dan HR TIRMIDZI )

Penjelasan: Perhitungan perputaran tahun ( haul ) untuk menunaikan zakat ialah dengan tahun Hijriyah.

21. " Tentang sedekah yang seakan-akan berupa hadiah, Rasulullah saw. bersabda, " Baginya sedekah dan bagi kami itu adalah hadiah." ( HR BUKHARI )

22." Allah Ta'ala mengharamkan bagiku dan bagi keluarga rumah tanggaku untuk menerima sedekah." ( HR IBNU SAAD )

23. " Tidak ada iri hati kecuali terhadap dua perkara, yakni seorang yang diberi Allah harta lalu dia dibelanjakan pada sasaran yang benar, dan seorang diberi Allah ilmu dan kebijaksanaan lalu dia melaksanakan dan mengajarkannya " ( HR BUKHARI )

24. " Allah mengkhususkan pemberian kenikmatan-Nya kepada kaum-kaum tertentu untuk kemaslahatan umat manusia. Apabila mereka membelanjakannya ( menggunakannya ) untuk kepentingan manusia maka Allah akan melestarikannya namun bila tidak, maka Allah akan mencabut kenikmatan itu dan menyerahkannya kepada orang lain." ( HR ATH-THABRANI dan ABU DAWUD )

25.  Abu Dzarr r.a. berkata bahwa beberapa sahabat Rasulullah saw. berkata, " Ya Rasulullah , orang-orang yang banyak hartanya memperoleh lebih banyak pahala. mereka shalat sebagaimana kami shalat dan berpuasa sebagaimana kami berpuasa dan mereka bisa bersedekah dengan kelebihan harta mereka. " Nabi saw. lalu berkata, " Bukankah Allah telah memberimu apa yang dapat kamu sedekahkan? Tiap-tiap ucapan tasbih adalah sedekah, takbir sedekah, tahmid sedekah, tahlil sedekah, amar makruf sedekah, nahi mungkar sedekah, bersenggama dengan istripun sedekah, " Para sahabat lalu bertanya, " Apakah melampiaskan syahwat mendapat pahala? " Nabi Menjawab, " Tidakkah kamu mengerti bahwa kalau dilampiaskannya di tempat yang haram bukankah itu berdosa? Begitu pula kalau syahwat diletakkan di tempat halal, maka dia memperoleh pahala." ( HR MUSLIM )


26. " Tiap-tiap amalan makruf ( kebijakan ) adalah sedekah. Sesungguhnya di antara amalan makruf ialah berjumpa kawan dengan wajah ceria ( senyum ) dan mengurangi isi embermu untuk diisikan ke mangkuk kawanmu." ( HR AHMAD )




Postingan populer dari blog ini

Panduan Tata Cara Wudhu Nabi Muhammad Saw

Judul Asli : Shifatu Shalaatin Nabiyyi minat Takbiiri ilat Tasliim Raaja’ahaa Fadhiilatusy Syaikh Al-‘Allaamah ‘Abdullah bin ‘Abdirrahman al-jibril Penerbit: Darul Wathan Judul Bahasa Indonesia Meneladani  Shalat Nabi Muhammad Saw ( Diatas Adalah Dari Judul Buku Panduan, Namun Sebagaian Telah Di Tulis Halaman Situs dan lainnya Atau Posting Sebelumnya " www.ninonurmadi.com  "  Halaman Situs dan lainnya Atau Posting ini Memuat Sebagian Saja dari isi buku Khusus Panduan Tata Cara Wudhu Nabi Muhammad Saw ) Penerbit : Pustaka Ibnu ‘Umar Penerjemah : Ade Ichwan Ali Editor : Abu Muhammad Tim Pustaka Ibnu ‘ Umar Layout & Disain Sampul : Tim Pustaka Ibnu ‘Umar Penerbit: Pustaka Ibnu ‘Umar Bogor Dzulhijjah 1433 H / Oktober 2012 M Di Publikasi Ulang Oleh : Nino Nurmadi, S.Kom www.ninonurmadi.com LABEL

Sifat Shalat Nabi Muhammad Saw Dari Takbir Sampai Salam

Judul Asli : Shifatu Shalaatin Nabiyyi minat Takbiiri ilat Tasliim Raaja'ahaa Fadhiilatusy Syaikh Al-'Allaamah 'Abdullah bin 'Abdirrahman al-jibril Penerbit: Darul Wathan Judul Bahasa Indonesia Sifat Shalat Nabi Muhammad Saw Dari Takbir Sampai Salam Penerbit : Pustaka Ibnu 'Umar Penerjemah : Ade Ichwan Ali Tim Pustaka Ibnu ' Umar Layout & Disain Sampul : Tim Pustaka Ibnu 'Umar Penerbit: Pustaka Ibnu 'Umar Bogor Dzulhijjah 1433 H / Oktober 2012 M Di Publikasi Ulang Oleh : Nino Nurmadi, S.Kom LABEL

Service Center Blueberry Bandar Lampung Indonesia

Service Center Blueberry Bandar Lampung  Indonesia iPhone iphone KTouch, Hitech, MyG, IMO, eTouch, Taxco, Beyond, Startech, Asiaphone, Mito, Mixcon, Tocall, S-Nexian, Cross Polytron, Axioo, Mito, IMO, Cross, Nexian, Tiphone Sony, Panasonic, Toshiba, Sharp, Kyocera, DoCoMo, Casio K-Touch, Huawei, Haier, G-Tide, Lenovo,  Service Center iPhone Bandar Lampung  Oppo, ZTE Acer, Asus, HTC, ben Q, Samsung, LG , Apple , iPhone, Motorolla , RIM, Blackberry, Nokia Siemens ,Alcatel, Sagem, Philips,Vertu Ti ,Ninetology, CSL Blueberry ,Micxon, OliveSmart, Idea Direct unlock Reset all locks Update Firmware Read/Write Full Flash. Calibration data  Service Center Blueberry Bandsr Lampung  files Read firmware version Reset full factory LG 3G-Cyon-Show-FOMA phones support Anycall phones support Repair IMEI Read Boot/Flash Write Boot/Flash Erase Boot/Flash Repair Boot/Flash Multilingual software interface. Format FS Write and repair security Write security backup Read, write and repair TA Read info Ha