www.ninonurmadi.com

Perintah Beramar Ma'ruf Nahi Munkar Langsung ke konten utama

Perintah Beramar Ma'ruf Nahi Munkar

Penerbit
Germa Insani
1100
Hadits Terpilih
Sinar Ajaran Muhammad
Dr. Muhammad Faiz Almath
Di Publikasi Ulang :
Oleh Nino Nurmadi , S.Kom
www.ninonurmadi.com

Sabda Dan Perilaku Rasulullah Saw. Adalah Pedoman kita Di Samping Al-Quran.Beratus Ribu Sabdanya Terkumpul Dalam Banyak Kitab Hadits, Baik Shahih Maupun Lemah. Namun , Kini Anda Tidak Perlu Sibuk Mencari Kitab-Kitab Tersebut. Kali ini Sengaja Kami Suguhkan Kepada Anda 1100 Hadits Terpilih Yang Sudah Benar-Benar Tersaring. Semua Riwayat Yang Tercangkup Di Dalamnya Mewakili Semua Ajaran Rasulullah Dalam Segala Aspek Kehidupan. Kandungan Buku ini Di Maksudkan Penulisnya Sebagai Sinar Yang Menerangi Umat Dan Sebagai Bukti Akan Ajaran Muhammad Saw.



1. " Hendaklah kamu beramar ma'ruf ( menyuruh berbuat baik ) dan bermahi munkar ( melarang berbuat jahat ). Kalau tidak, maka Allah akan menguasakan atasmu orang-orang yang paling jahat di antara kamu, kemudian orang-orang yang baik-baik di antara kamu berdoa dan tidak dikabulkan ( doa mereka ). " ( HR AL-BAZZAR )

2. " Wahai segenap manusia , menyerulah kepada yang ma'ruf dan cegahlah dari yang mungkar sebelum kamu berdoa kepada Allah dan tidak dikabulkan serta sebelum kamu memohon ampunan dan tidak diampuni. amar ma'ruf dan nahi mungkar tidak mendekatkan ajal. Sesungguhnya para rabi yahudi dan rahib Nasrani ketika mereka meninggalkan amar ma'ruf dan nahi mungkar , dilaknat oleh Allah melalui ucapan nabi-nabi mereka. Mereka juga ditimpa bencana dan malapetaka." ( HR ATH-THABRANI )

3. " Masih tetao ada dari segolongan unatku yang menegakkan perintah Allah. Tidak menghambat dan tidak mengecewakan mereka orang-orang yang menentangnya sampai tiba keputusan Allah. Mereka masih tetap konsisten ( mantap / teguh ) baik dalam sikap maupun pendiriannya." ( HR BUKHARI dan MUSLIM )

4. " Jihad paling afdhal ialah menyampaikan perkataan yang adil di hadapan penguasa yang zalim dan kejam." ( HR ATH-THUSI dan ASHHABUSSUNAN )

5. " Barangsiapa melihat suatu kemungkaran hendaklah ia mengubah dengan tangannya. Apabila tidak mampu, hendaklah dengan lidahnya ( ucapan ) , dan apabila tidak mampu juga hendaklah dengan hatinya dan itulah keimanan yang paling lemah." ( HR BUKHARI dan MUSLIM )

Penjelasan : Dengan hati artinya tindakan aktif dan bukan pasif, senantiasa membencinya dan berusaha mengubahnya seandainya ia sudah mampu atau berani.

6. " Apabila Allah memberi hidayah kepada seseorang melalui upayamu, itu lebih baik bagimu daripada apa yang dijangkau matahari sejak terbit sampai terbenam." ( HR BUKHARI dan MUSLIM )

7. " Bukanlah dari golongan kami orang yang tidak mengasihi dan menyayangi yang lebih muda, tidak menghormati orang yang lebih tua , dan tidak beramar ma'ruf dan nahi mungkar ." ( HR TIRMIDZI )

8. " Permudahlah ( segala urusan ) , jangan dipersulit dan ajaklah dengan baik, jangan menyebabkan orang menjauh. " ( HR BUKHARI )

Penjelasan : ini termasuk kebijaksanaan dalam berdakwah dan beramar ma'ruf nahi mungkar.

9. " Apabila Allah menghendaki kebaikan bagi seorang, maka dirinya sendirilah yang dijadikannya untuk mengingatkannya, menyuruhnya dan melarangnya." ( HR AD-DAILAMI )

10. " Pada hari kiamat seorang dihadapkan dan dilempar ke neraka. Orang-orang bertanya, " Hai Fulan, mengapa kamu masuk neraka sedang kamu dahulu adalah orang yang menyuruh berbuat ma'ruf dan mencegah perbuatan mungkar?" Orang tersebut menjawab, " Ya benar, dahulu aku menyuruh berbuat ma'ruf , sedang aku sendiri tidak melakukannya. aku mencegah orang lain berbuat mungkar sedang aku sendiri melakukannya." ( HR AD-DAILAMI )

11. " Nabi meniadakan pemberian pelajaran untuk beberapa hari karena khawatir kejenuhan kami." ( HR AHMAD )

12. " Sesungguhnya Allah 'Azza wajalla tidak menyiksa ( orang ) awam karena perbuatan ( dosa ) orang-orang khusus sehingga mereka melihat mungkar di hadapan mereka dan mereka mampu mencegahnya, tetapi mereka tidak mencegahnya ( menentangnya ) . Kalau mereka berbuat demikian maka Allah menyiksa yang khusus dan yang awam ( seluruhnya )." ( HR AHMAD dan ATH-THABRANI )

13. " Tidak seharusnya orang menyuruh yang ma'ruf dan mencegah yang mungkar kecuali memiliki tiga sifat, yakni lemah-lembut dalam menyuruh dan dalam melarang ( mencegah ) , mengerti apa yang harus dilarang dan adil terhadap apa yang harus dilarang." ( HR AD-DAILAMI )

14. " Orang yang paling tinggi kedudukannya di sisi Allah pada hari kiamat ialah yang paling banyak berkeliling di muka bumi dengan bernasihat kepada manusia ( makhluk Allah ) . " ( HR ATH-THABRANI )

15. Pada suatu hari, Rasulullah saw . bersabda kepada para sahabatnya " Kamu kini jelas atas petunjuk dari Rabbmu, menyuruh kepada yang ma'ruf , mencegah dari yang mungkar dan berjihad di jalan Allah. Kemudian muncul di kalangan kamu dua hal yang memabukkan, yaitu kemewahan hidup ( lupa diri ) dan kebodohan. Kamu beralih kesitu dan berjangkit di kalangan kamu cibta dunia. Kalau terjadi yang demikian kamu tidak akan lagi beramar ma'ruf , nahi mungkar dan berjihad di jalan Allah. di kala itu yang menegakkan Al-Qur'an dan sunnah , baik dengan sembunyi maupun terang-terangan tergolong orang-orang terdahulu dan yang pertama-tama masuk islam." ( HR TIRMIDZI )

Postingan populer dari blog ini

Panduan Tata Cara Wudhu Nabi Muhammad Saw

Judul Asli : Shifatu Shalaatin Nabiyyi minat Takbiiri ilat Tasliim Raaja’ahaa Fadhiilatusy Syaikh Al-‘Allaamah ‘Abdullah bin ‘Abdirrahman al-jibril Penerbit: Darul Wathan Judul Bahasa Indonesia Meneladani  Shalat Nabi Muhammad Saw ( Diatas Adalah Dari Judul Buku Panduan, Namun Sebagaian Telah Di Tulis Halaman Situs dan lainnya Atau Posting Sebelumnya " www.ninonurmadi.com  "  Halaman Situs dan lainnya Atau Posting ini Memuat Sebagian Saja dari isi buku Khusus Panduan Tata Cara Wudhu Nabi Muhammad Saw ) Penerbit : Pustaka Ibnu ‘Umar Penerjemah : Ade Ichwan Ali Editor : Abu Muhammad Tim Pustaka Ibnu ‘ Umar Layout & Disain Sampul : Tim Pustaka Ibnu ‘Umar Penerbit: Pustaka Ibnu ‘Umar Bogor Dzulhijjah 1433 H / Oktober 2012 M Di Publikasi Ulang Oleh : Nino Nurmadi, S.Kom www.ninonurmadi.com LABEL

Sifat Shalat Nabi Muhammad Saw Dari Takbir Sampai Salam

Judul Asli : Shifatu Shalaatin Nabiyyi minat Takbiiri ilat Tasliim Raaja'ahaa Fadhiilatusy Syaikh Al-'Allaamah 'Abdullah bin 'Abdirrahman al-jibril Penerbit: Darul Wathan Judul Bahasa Indonesia Sifat Shalat Nabi Muhammad Saw Dari Takbir Sampai Salam Penerbit : Pustaka Ibnu 'Umar Penerjemah : Ade Ichwan Ali Tim Pustaka Ibnu ' Umar Layout & Disain Sampul : Tim Pustaka Ibnu 'Umar Penerbit: Pustaka Ibnu 'Umar Bogor Dzulhijjah 1433 H / Oktober 2012 M Di Publikasi Ulang Oleh : Nino Nurmadi, S.Kom LABEL

Service Center Blueberry Bandar Lampung Indonesia

Service Center Blueberry Bandar Lampung  Indonesia iPhone iphone KTouch, Hitech, MyG, IMO, eTouch, Taxco, Beyond, Startech, Asiaphone, Mito, Mixcon, Tocall, S-Nexian, Cross Polytron, Axioo, Mito, IMO, Cross, Nexian, Tiphone Sony, Panasonic, Toshiba, Sharp, Kyocera, DoCoMo, Casio K-Touch, Huawei, Haier, G-Tide, Lenovo,  Service Center iPhone Bandar Lampung  Oppo, ZTE Acer, Asus, HTC, ben Q, Samsung, LG , Apple , iPhone, Motorolla , RIM, Blackberry, Nokia Siemens ,Alcatel, Sagem, Philips,Vertu Ti ,Ninetology, CSL Blueberry ,Micxon, OliveSmart, Idea Direct unlock Reset all locks Update Firmware Read/Write Full Flash. Calibration data  Service Center Blueberry Bandsr Lampung  files Read firmware version Reset full factory LG 3G-Cyon-Show-FOMA phones support Anycall phones support Repair IMEI Read Boot/Flash Write Boot/Flash Erase Boot/Flash Repair Boot/Flash Multilingual software interface. Format FS Write and repair security Write security backup Read, write and repair TA Read info Ha